Monday, May 12, 2014

Tip Jitu meredam Emosi dan Amarah

Anda pernah marah??.. Tak bisa dipungkiri bahwasanya kita semua pernah marah,, entah penyampaiannya dengan diem, teriak-teriak, stay cool atau bahkan mungkin anda sampai membanting barang disekitar anda. Ketika emosi dan amarah sedang memuncak, segala sifat yang ada dalam diri kita akan sangat sulit dikendalikan, kadang kita tak mampu mengontrol mana yang baik dan mana yang buruk. Rasa malupun terkadang hilang begitu saja berganti dengan tak terkontrolnya sifat buruk demi pelampiasan emosi.

Apakah anda salah satu penyampai amarah seperti tersebut??,, jika iya bisa kita coba tip-tip jitu berikut agar kita mampu menguasai pikiran dan mengontrol emosioanal kita dengan lebih baik. Berikut tip-tipnya :

  1. Tarik Nafas Dalam-dalam, salah satu hal yang bisa kita coba untuk mengontrol emosi dan amarah adalah dengan menarik nafas dalam-dalam,, dengan begitu energi negatif bisa kita buang bersamaan dengan kita menghembuskan nafas pelan-pelan. Dengan begitu kita energi positif pelan-pelan akan mempengaruhi pikiran kita dan menenangkan secara perlahan. :)
  2. BerDo'a,, ketika kita sedang dipuncak amarah,, usahakan pikiran terhadap Tuhan jangan sampai lepas.. membaca Do'a akan sangat membantu menenangkan pikiran yang sedang emosi.. setidaknya ketika kita ingat Tuhan, pikiran kita akan lebih mudah terkontrol dengan baik. :)
  3. Rasakan Apa yang Orang Lain Rasakan,, coba kita bayangkan ketika kita marah kepada orang lain,, sekarang coba posisikan anda yang sedang dimarahi. Bagaimana rasanya dimarahi?? pasti tidak enak banget.. Okelah kalau amarah itu sifatnya membangun dan mendidik.. Bagaimana kalau marah membabi buta.. Hanya buang-buang energi tentunya dan menyakiti orang lain. :D
  4. Minum Air putih Dingin,, ketika kita sedang dikuasai amarah, ada baiknya kita redam amarah agar tidak menyakiti orang lain. Minum segelas air putih dingin akan mampu membantu meredam dan mendinginkan pikiran kita. mudah-mudahan air dingin tersebut juga mampu mendinginkan pikiran anda yang sedang panas karna ledakan emosi. heehee  :)
  5. Cari Kesibukan Yang Anda Suka,, Kadang kita mampu menahan amarah didepan orang yang membuat kita jengkel,, tetapi kadang kita selalu teringat akan kejengkelan itu. Nah untuk menepis dan mennghilangkan kejengkelan-kejengkelan itu kita coba cari kesibukan-kesibukan yang kita sukai, dengan begitu mudah-mudahan rasa jengkel dan amarah akan hilang perlahan dan ternetralisir oleh energi-energi yang kita keluarkan.. :D
  6. Pasang Senyum,, Ini pasti sulit,, karna kita berusaha mengelabuhi dirisendiri.. Hati sedang jengkel kok harus pasang senyum.. alangkah susahnya.. Tapi jika kita mampu melakukan ini,, kepuasan hati akan anda dapatkan karna anda mampu mengusai amarah anda dengan positif. Mari dicoba!! :)
  7. Refreshing,, Amarah yang tak terlontar saat itu,, atau amarah yang terpendam dapat kita coba hilangkan perlahan dengan refreshing, berlibur kepantai dan mencari hiburan-hiburan yang sehat. Dengan begitu mudah-mudahan amarah tersebut secara perlahan akan hilang tersapu oleh angin laut yang sejuk.. ^_^
  8. Berhitung,, berhitung ternyata juga mampu membantu meredam amarah lhoo,, jika anda sedang kesal coba saja anda lakukan tip ini.. anda bisa berhitung dalam hati saja,, berhitung tentang apa saja atau bisa juga menghitung kancing baju anda yang lepas.. Mudah-mudahan berhasil!!.. heheee :)
  9. Berteriaklah,, uuppzz,, tentu cara ini harus cari tempat yang tepat agar tidak mengganggu orang lain.. heee :D Anda bisa berteriak di tengah persawahan, di pinggir laut yang sepi atau tempat-tempat sepi lain.. mudah-mudahan dengan teriakan itu,, sesuatu yang mengganjal dihati anda, yang membuat anda jengkel dan emosi dapat hilang perlahan bersamaan dengan hembusan teriakan anda. :D
  10. Berpikir Rasional,, Sebelum kita meluapkan amarah,, ada baiknya kita berpikir rasional terlebih dahulu,, apakah dengan marah penyebab marah itu akan terselesaikan,, atau apakah anda memang layak marah karena masalah tersebut. Ini memang sulit tapi jika anda mampu artinya anda telah menang dari kuasa amarah dan ini sangat baik untuk kelangsungan anda. Go go go!!.. :)
Setiap Manusia mempunyai cara-cara tersendiri dalam menghadapi dan menjalani perjalann hidupnya, apabila anda lakukan tip-tip tersebut dengan benar, dijamin manjur.. Niscaya kesabaran anda pun akan bertambah baik. Mari kita coba!!..

0 comments:

Post a Comment