Friday, April 4, 2014

Ketika Masa panen Padi Tiba


Marga Agung, Kec. Jati Agung - lampung Selatan.. Suatu daerah/desa yang sudah berkembang sangat pesat dengan  mayoritas penduduknya masih sebagai petani, dengan kondisi jalan yang masih sering rusak dan berlobang-lobang, terutama pada musim penghujan tiba.

Musim penghujan adalah musim yang ditunggu-tunggu penduduk disana, dimana mereka akan bisa bercocok tanam padi, dimana daerah tersebut tidak ada fasilitas irigasi. sehingga mereka menuai panen padi yang rata-rata hanya bisa 1 tahun sekali. Musim penghujan pun kadang tak bisa diprediksi karena iklim yang makin kurang jelas.

Saat ini musim panen padi sudah tiba, para petani mulai sibuk memanen padi-padi mereka,, persawahan kian rame karena secara otomatis aktivitas kesawah akan lebih padat dibanding hari-hari  biasanya. selain sibuk memanen padi-padi mereka, sebagian keluarganya juga sibuk dirumah untuk menjemur padi mereka.

Cuaca sulit ditebak,, ketika asik menjemur padi pun terkadang hujan tiba-tiba datang dan membuat kalang kabut orang-orang yang sedang menjemur padi mereka. Seperti beberapa hari ini,, emak bapak qu juga sedang sibuk dengan jemuran padi mereka. Tak elak hujan pun kadang tiba-tiba datang ditengah hari,, jemuran belum kering dan terkadang sebagian kehujanan..

Biasanya disaat seperti itu tetangga-tetangga yang belum punya jemuran padi dan tidak sedang sibuk turut membantu kami. Kami sangat bersyukur, sosialitas dan tolong menolong diantara kami terjalin sangat erat, dan semoga tetap selalu erat dan baik.

Padi-padi yang telat jemur dan atau karena tiada sinar matahari yang menampakkan diri membuat padi-padi menjamur dan tumbuh sehingga membuat kualitas padi menjadi kurang bagus serta membuat harga jatuh ketika dijual.

Musim tahun ini banyak yang mengeluhkan tanaman mereka karena selain susahnya mencari pupuk, hama tikus pun cukup banyak dan merusak tanaman. Berbagai cara dilakukan untuk meminimalkan gangguan hama-hama tersebut.

Kebetulan beberapa hari yang lalu ketika masa tuai padi tiba Oi sedang libur kerja,, jadi Oi sempatkan diri untu ikut kesawah. Panenan itu harapan keluarga dan seluruh  penduduk untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari sampai dengan masa panen berikutnya tiba. Jadi kami harus pandai-pandai mengatur pengeluaran panenan tersebut agar jangan sampai  habis duluan sebelum masa panen berikutnya tiba. Syukur-syukur kami bisa menabung dari sebagian hasil panen tersebut. Harapan kami, semoga panen kami tetap melimpah tahun ini meski harus berbagi dengan tikus dan hama-hama lainya. Semoga setelah masa panen padi, musim dan cuaca bersahabat dengan kami sehingga kami dapat menyambung panenan dengan tanaman palawija lainnya..

~ini sepenggal cerita singkat pengalaman kami,, semoga bisa memberi warna hidup dan kami tetap selalu bersyukur~

0 comments:

Post a Comment