Thursday, March 20, 2014

Cara Menonaktifkan Screen Saver Pada Windows XP

Screen saver sangat berguna untuk menghemat daya pada monitor dan membuat monitor lebih awet. Screen saver akan muncul jika komputer dalam keadaan menyala namun tidak dipergunakan dalam waktu tertentu. Layar akan tertutup dengan tampilan screen saver,, namun jika mouse digerakkan atau tombol keyboard ditekan maka layar kerja akan tampil kembali. Screen saver ini tampil dalam berbagai macam bentuk dan tampilan sesuai dengan tampilan yang telah diatur sebelumnya. Seperti pada komputer-komputer perusahaan besar, biasanya Screen saver sudah dibuat default dengan logo atau animasi-animasi yang melambangkan perusahaan tersebut. Bahkan sekarang ini sudah banyak screensaver dengan animasi yang indah. Dengan mengaktifkan screen saver ini tentunya akan lebih menghemat dan dan membuat awet monitor.
Namun demikian, terkadang screensaver ini juga membuat jengkel user dimana screen saver diatur terlalu cepat muncul. Sehingga ketika layar kerja dibiarkan pada saat user berfikir atau berkomunikasi dengan teman kerja tentang apa yang dipikirkan, selalu saja muncul screen saver. Sehingga ada beberapa user yang lebih senang mematikan fungsi screen saver ini daripada mengaktifkannya. 
Untuk menonaktifkan Screen saver ini langkah sederhananya adalah sbb :
  1. Klik kanan pada desktop lalu pilih Properties
  2. Pada Jendela Display Properties, pilih Tab Screen Saver
  3. Pada Pilihan Screen saver Pilih None
  4. Lalu klik OK

Maka screen saver tidak akan muncul lagi atau dinonaktifkan. Jika kita ingin mengaktifkan screen saver kembali, pilih salah satu pilihan screen saver yang ada dan atur waktu tampilnya screen saver tersebut sesuai keinginan pada pilihan wait (dalam menit) kemudian klik OK.

~oo00oo~

0 comments:

Post a Comment